Reformasi Perkotaan. Mencegah wilayah urban menjadi "Human Zoo"


Judul: Reformasi Perkotaan. Mencegah wilayah urban menjadi “human zoo”.
Penerbit: Buku Kompas  
Penulis: Eko Budiharjo
Tahun: 2014

boleh jadi cities of tomorrow di Indonesia suatu saat nanti justru akan betul-betul menjadi cities of sorrow yang menyengsarakan anak-cucu kita. Ada yang meramalkan, kota-kota besar saat ini kelak bakal lebih mirip human zoo”. 

Kalimat tersebut merupakan kutipan dari buku reformasi perkotaan ini. Terlihat bahwa penulis membuka pemikiran pembaca mengenai permasalahan-permasalahan perkotaan khususnya di Indonesia. Permasalahan di tulis dengan lugas dan diurai dengan gaya tulisan yang menawan. 
Buku ini menggambarkan bahwa kota seharusnya menjadi sumber kebahagiaan bagi warga kotanya, bukan malah menjadi sumber penderitaan akibat kota di eksploitasi yang hanya menguntungkan bagi para pengusaha kelas kakap.

Sebuah buku yang direkomendasikan bagi para pembaca terutama bagi calon calon planner yang kelak akan menjadi salah satu pembuat kebijakan dan pembuat rencana, untuk membuka pemikiran mengenai berbagai permasalahan yang benar nyata terjadi di Indonesia, dan membentuk idealisme untuk memegang teguh prinsip seorang planner yang harus dapat memposisikan diri sebagai penengah dan menjadi penyeimbang dari berbagai kepentingan.

Komentar

Postingan Populer