Sejarah Pembentukan HIMAP UNTAN

HIMAP UNTAN- Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah Kota Universitas Tanjungpura merupakan wadah berekspresi dan berkreativitas bagi mahasiswa Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah Kota Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Sebelum HIMAP UNTAN terbentuk, sebagai program studi yang masih baru, mahasiswa Perencanaan Wilayah Kota (PWK) Universitas Tanjungpura masih tergabung didalam Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) bersama dengan 5 program studi lainnya yaitu Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan dan Teknik Pertambangan.
Pada perkembangan selanjutnya, mahasiswa PWK Universitas Tanjungpura terus bertambah hingga menjadi 4 angkatan yaitu angkatan 2013, 2014, 2015 dan 2016. Penambahan jumlah mahasiswa ini mendorong keinginan untuk membentuk himpunan mahasiswa sendiri dan mendapat sambutan positif dari pihak Fakultas Teknik. Oleh karena itu, mahasiswa 4 angkatan aktif terlibat dalam rapat membahas keperluan persiapan pembentukan himpunan. Sehingga terbentuklah panitia Musyawarah Istimewa yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2015.
Kemudian pada tanggal 25 Februari 2017 dilaksanakan Musyawarah Istimewa Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah Kota Universitas Tanjungpura yang dihadiri delegasi dari masing-masing angkatan. Angkatan 2013, 2014 dan 2015 masing-masing diwakili oleh 10 mahasiswa dan perwakilan 15 mahasiswa untuk angkatan 2016, karena jumlah mahasiswa angkatan 2016 yang cukup banyak. 
Delegasi Musyawarah Istimewa 2017

Musyawarah ini dibuka langsung oleh Dr.rer.nat.Ir.RM Rustamaji, MT (Dekan Fakultas Teknik Untan), didampingi oleh M. Yusuf, ST.,MT (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik) dan Dr.Ir. Gusti Zulkifli Mulki DEA (Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah Kota). 
Pembukaan Musyawarah Istimewa oleh Dekan Fakultas Teknik 

Adapun hasil dari Musyawarah Istimewa tersebut yaitu ditetapkannya AD/ART, GBHO, dan dipilihnya ketua HIMAP, dan Koordinator DPP (Dewan Pengawas Pengurus) untuk periode 2017-2018. Penetapan logo organisasi, nama organisasi dibahas pada penetapan AD/ART. 

Pembahasan AD/ART oleh Presidium 1 (Imam Tri Ramadhan), Presidium 2 (Riko Juanda), Presidium 3 (Denny Muhammad)

Pemilihan koordinator DPP berdasarkan voting terhadap 2 calon dari angkatan 2013 dan 2014, yang kemudian terpilihlah Triyadi Hermawan dari angkatan 2013 sebagai koordinator DPP. Sedangkan pemilihan ketua HIMAP dilakukan dengan cara voting terhadap 2 calon dari angkatan 2014 dan angkatan 2015. 

Penyampaian Visi dan Misi Calon Ketua HIMAP

Perhitungan suara memenangkan Yogie Saputra dari angkatan 2014 sebagai Ketua HIMAP periode 2017-2018.Seiring berjalannya waktu setelah terpilihnya Ketua HIMAP, sehingga perlunya pemilihan pengurus HIMAP lainnya sesuai yang termuat didalam GBHO, yaitu terdiri dari Sekretaris, Bendahara, Divisi Kesekretariatan, Divisi Komunikasi dan Informasi, Divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Pendidikan, Divisi Kemahasiswaan dan Divisi Kewirausahaan.

            Kemudian setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) dari Dekan Fakultas Teknik pada tanggal 25 Maret 2017 tentang Pengurus Himpunan Perencanaan Wilayah Kota Periode 2017-2018, secara resmi pengurus HIMAP yang beranggotakan 39 Mahasiswa dari angkatan 2014 dan 2015 mulai bergerak menjalankan berbagai kegiatan yang terkait dengan bidang keilmuan Perencanaan Wilayah Kota. 

Komentar

Postingan Populer